PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Wulan Roudhotul Nasikhah
Jurusan
Administrasi Pendidikan
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas
Negeri Malang
Jl. Semarang Nomor 5 Malang 65145
e-mail: wulanroudhotulnasikhah@gmail.com
Abstrak: Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanan SDM di SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data
dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) pihak yang terlibat dalam perencanaan SDM; (2) langkah perencanaan SDM; (3) prinsip perencanaan
SDM; (4) waktu proses perencanaan SDM; dan (5) strategi dalam penyusunan
perencanaan SDM.
Kata kunci: perencanaan, sumber daya
manusia, sekolah
Abstract: This study aims to describe HR planning in Junior
high school 4 Malang. This study uses a qualitative approach. Data was
collected through in-depth interviews, observations, and documentation studies.
The results of the study show: (1) parties involved in HR planning; (2) HR
planning steps; (3) HR planning principles; (4) HR planning process time; and
(5) strategies in preparing HR planning.
Keywords: planning, human resources,
school
Perencanan sumber daya manusia secara sistematis
meramalkan kebutuan organisasi di masa yang mendatang dalam menghadapi
persaingan era globalisasi yang semakin berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Oleh karena itu, suatu organisasi perlu menyusun dan memanajemen
rencana Sumber Daya Manusia secara sinergis guna mempersiapkan kompetensi dan
kemampuannya untuk bersaing dengan negara maju. Menurut Sopiah (2002:42)
perencanaan Sumber Daya
Manusia secara sistematis meramalkan kebutuhan organisasi di
masa mendatang dan supply dari pegawai. Apabila organisasi tidak
mendapatkan staff dengan jumlah orang yang sesuai, maka tujuan-tujuan yang
strategis, operasional, dan fungsional bisa gagal dalam meneliti persaingan era
global yang saat ini terus berkembang. Menurut Sedarmayanti (2017:131)
perencanan pendidikan adalah kegiatan untuk mengantisipasi pemerintah atau
kebutuhan dan suplai tenaga kerja organisasi di masa yang akan datang. Dengan
demikian perencanan sumber daya manusia adalah usaha untuk menetukan dalam
memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan luas, trampil dan memiliki
kehlian yang responsive dalam
bidangnya serta mampu bersaing dengan berbagai negara asing.
Menurut Sunarta (2010:3) menyatakan
tujuan perencanaan SDM adalah untuk mempergunakan SDM seefektif mungkin
agar memiliki sejumlah pekerja yang memenuhi persyaratan/kualifikasi dalam
mengisi posisi yang kosong kapanpun dan apapun posisi tersebut. Dengan
tersedianya informasi tentang kebutuhan dan kualifikasi yang diinginkan, maka
dalam pelakasanaan rekrutmen, seleksi, penempatan, pemeliharaan, pengembangan,
dan pemberian kesejahteraan karyawan akan lebih mudah dan terkendali. Dengan
demikian tujuan dari SDM yakni untuk menyeimbangkan SDM sesuai dengan kapasitas
dan potensi kerja yang dimiliki secara
terstruktur antara kebutuhan dan ketersedian pekerjaan yang dibutuhkan.
Menurut Sopiah (2002:43) manfaat yang diperoleh untuk
kepentingan dari perencanan SDM diantaranya: (1) kepentingan individu yaitu perencanan sumber
daya manusia sangat penting bagi setiap individu karyawan, karena dapat membantu
meningkatkan potensinya, (2) kepentingan organisasi yaitu untuk mendapatkan
calon pegawai yang memenuhi kulifikasi, dan (3) kepentingan nasional yaitu
untuk mengetahui pegawai yang memiliki potensi tinggi sehingga dapat
dimanfaatkan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan poduktivitas nasional.
Menurut Simamora (1997:73) dalam praktek pelaksanaan
perencanaan SDM yang efektif, pada era global seperti sekarang ini tantangan
yang harus dihadapi antara lain: (1) mempertahankan keunggulan kompetitif; (2)
mendukung keseluruhan strategi bisnis; (3) menghindari konsentrasi berlebihan
pada masalah-masalah harian; (4) menyusun strategi-strategi SDM yang sesuai
dengan karakteristik-karakteristik unik organisasi; (5) menanggulangi perubahan
lingkungan; (6) menyita komitmen manajemen; (7) menterjemahkan rencana strategic ke dalam tindakan; (8)
mengakomodasikan perubahan-perubahan. Selain itu ada juga beberapa tantangan
dalam hambatan perencanan SDM. Menurut Sophia (2002:44) tantangan perencanan
SDM meliputi: (1) tantangan eksternal; (2) keputusan-keputusan organisasi; dan
(3) faktor-faktor tenaga kerja.
Menurut Sophia (2002:46) ada dua jenis supply sumber
daya manusia yang meliputi: internal dan eksternal. Supply internal meliputi
karyawan yang ada diproyeksikan, ditrasfer, atau diturunkan untuk mengisi
kesempatan yang ada. Supply eksternal berasal
dari luar organisasi. Dengan demikian dapat di paparkan bahwa supply internal
meliputi karyawan yang diberikan kesempatan untuk mengembagkan kemampuannya.
Sedangkan supply ekternal yakni sesorang yang berada di luar organisasi untuk
membantu dan mengemngkan organisasi
tersebut.
METODE
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala SMPN
4 Malang. Penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui secara mendalam tentang perencanaan manajemen sumber daya manusia
yang terdapat di SMPN 4 Malang. Kepala sekolah merupakan informan kunci terkait
perencanaan manajemen sumber daya manusia. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah
terkumpul kemudian dianalisis, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan.
Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti menggunakan kriteria yakni
keterpercayaan sumber dan metode, kecukupan bahan referensi, dan kepastian.
HASIL
Berdasarkan data yang ditemukan peneliti melalui
proses wawancara, observasi, dan dokumentasi terkait perencanaan sumber daya
manusia yang terdapat di SMPN 4 Malang diperoleh temuan-temuan. Di SMPN 4 Malang
melakukan proses perencanaan sumber daya manusia. Perencanaan sumber daya
manusia merupakan kegiatan merencanakan kebutuhan sumber daya manusia dimasa
yang akan datang dari segi proyeksi kebutuhan, dan proyeksi pengembangan. Unsur yang harus
terpenuhi dari SDM yakni menyempurnakan kekurangan yang diperoleh berdasarkan
evaluasi dan monitoring. Perencanaan dilakukan secara bersama-sama, biasanya
oleh para staff sekolah. Langkah-langkah perencanaan SDM yaitu melalui evaluasi
dari kegiatan tahun kemarin kemudian direncanakan kedepan, yang perlu diubah
dan yang perlu dikembangkan. Prinsip perencanaan SDM yakni keberhasilan sebuah
program harus lebih baik kedepannya.
Hambatan perencanaan SDM biasanya berhubungan dengan
pembiayaan, dan pengembangan SDM . Di SMPN 4 Malang diadakan pelatihan-pelatihan
bagi SDM dengan melakukan rapat rutin untuk pengembangan, biasanya rapat
diadakan satu bulan bisa dua kali, dan kalau di awal semester itu ada rapat
khusus. Kualitasnya SDM di SMPN 4 Malang sudah sesuai dengan standarnya, jadi
guru ngajarnya sesuai dengan jurusannya. Kunci untuk meningkatkan kinerja SDM
adalah dengan pengerjaannya dijalankan secara bersama-sama, dan dilakukan
sebuah pembinaan. Aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan SDM di sekolah
ini yakni melakukan perencanaan anggaran sekolah (RKAS), perencanaan kegiatan
diluar sekolah, dsb.
Sasaran yang ingin dicapai yaitu untuk muwujudkan
tujuan, visi, dan misi sekolah. Yang mendukung adanya proses perencanaan SDM
adalah keinginan bersama untuk memajukan dan mencapai visi, misi sekolah.
Prosedur atau proses dalam melakukan SDM di sekolah ini berdasarkan evaluasi,
monitoring, dan untuk
mengetahui hambatannya, kelemahan dan kekuranganny. Kelemahan : ketidaksamaan
syarat, pandangan, kemampuan, karakter. Keuntungan dilakukannya evaluasi SDM
yakni sebagai pedoman dalam hal menetapkan program ketenagakerjaan dan sebagai dasar acuan dalam
menilai kinerja guru maupun tenaga kependidikan. Jika di sekolah ini kekurangan
pendidik atau tenaga kependidikan yang diangkat secara langsung oleh pemerintah
dalam artian sudah PNS maka sekolah berupaya melakukan pengrekrutan setelah itu
dilakukan pembinaan dan pemilihan bersama, serta diikutkan penataran, dsb. Di SMPN 4 Malang banyak guru non
PNS ada 11 orang, untuk merencanakan itu semua dilakukan pengrekrutan sesuai
dengan kekurangan guru bidang mata pelajaran. Proses perencanaan SDM dilakukan
diawal sebelum tahun ajaran baru. Strategi-strategi dalam penyusunan
perencanaan SDM yaitu dengan cara diumumkan siapa yang punya rancangan untuk
kedepannya. Evaluasi proses perencanan SDM dilakukan setahun sekali sebelum
ajaran baru.
PEMBAHASAN
Di SMPN 4 Malang telah melakukan proses perencanaan
sumber daya manusia. Perencanaan sumber daya manusia sendiri adalah kegiatan
merencanakan kebutuhan sumber daya manusia dimasa yang akan datang. Perencanaan
dilakukan secara bersama-sama biasanya oleh para staff sekolah. Waktu
pelaksanaannya diawal tahun sebelum tahun ajaran baru. Biasanya pihak sekolah
melakukan rapat rutin untuk pengembangan, biasanya rapat diadakan dalam satu
bulan dua kali, dan kalau di awal semester itu ada rapat khusus.
Dalam melakukan suatu perencanaan sumber daya manusia
maka setiap organisasi atau suatu lembaga pendidikan haruslah memiliki
perencanaan sumber daya manusia yang matang, karena hal tersebut sangat penting
bagi proses memajukan suatu organisasi atau suatu sekolah. Manusia adalah
faktor terpenting dalam proses mendukung perencanaan sumber daya manusia. Oleh
karena itu peran manusia sangat dibutuhkan dalam perencanaan sumber daya
manusia agar tujuan yang diinginkan tepat dan sesuai.
Faktor yang mempengaruhi adanya perencanaan sumber
daya manusia yaitu untuk mendukung adanya proses perencanaan sumber daya
manusia sebagai keinginan bersama untuk memajukan dan mencapai visi, misi
sekolah. Di SMPN 4 Malang ini memiliki banyak sumber daya manusia baik pendidik
maupun tenaga kependidikan dan haruslah memiliki sumber daya manusia yang
kompeten dan tepat sasaran. Mengingat visi dan misi yang amat berat untuk dapat
dicapai oleh SMPN 4 Malang, maka dalam hal ini kualitas sumber daya manusia
sangat berperan penting dalam perencanaan sumber daya manusia yang tepat
sasaran dalam melakukannya.
Kualitas SDM di SMPN 4 Malang ini sudah sesuai dengan
standarnya. Dalam menjalankan tugasnya baik dari segi pendidik maupun tenaga
kependidikan sudah sesuai dengan tujuan, dan fungsinya masing-masing. Dalam hal ini
cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah
dengan melakukan pelatihan-pelatihan baik workshop maupun seminar
pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu, di SMPN 4 Malang juga menerapkan
beberapa prinsip dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yaitu dengan
cara melakukan prinsip keberhasilan sebuah program kedepannya harus lebih bagus
dan baik dalam pengembangan sumber daya manusia yang lebih maju untuk mencapai
tujuan, visi, dan misi sekolah. Sehingga muncullah kulalitas sumber daya
manusia yang tepat dan sesuai dengan tujuan pendidikan
Untuk proses perumusan perencanaan sumber daya manusia
dijalankan secara bersama-sama, dan dilakukan sebuah pembinaan. Salah satu
contoh aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan sumber daya
manusia di sekolah ini perencanaan anggaran sekolah (RKAS), perencanaan
kegiatan diluar sekolah, dsb. Perencanaan sumber daya manusia di sekolah ini
dilihat dari segi pengrekrutan guru atau tenaga pendidikan adalah dilakukannya
pengrekrutan sesuai dengan kekurangan guru bidang mata pelajaran di sekolah.
Adapun tujuan dan manfaat dilakukannya perencanan
sumber daya manusia di SMPN 4 Malang ini adalah untuk merencanakan kebutuhan
dimasa datang, baik dari segi
proyeksi kebutuhan, maupun dari segi proyeksi pengembangan. Namun ada tujuan
lain yang dilakukan di SMPN 4 Malang ini adalah untuk membantu menentukan
tujuan pendidikan, termasuk perencanaan kerja oleh guru maupun tenaga
kependidikan dan tujuan tindakan afirmatif. Tindakan afirmatif disini maksudnya
adalah untuk meningkatkan proses keberhasilan tujuan suatu lembaga pendidikan,
baik secara visi maupun misi. Tujuan selanjutnya adalah untuk melihat pengaruh
program dan kebijakan alternatif suatu sumber daya manusia yang dalam
pelaksanaannya untuk menunjang keefektifan suatu tujuan organisasi.
Manfaat dari diadakannya perencanaan sumber daya
manusia adalah memperbaiki penggunaan sumber daya manusia dan memadukan
kegiatan dan tujuan pendidikan dimasa yang akan datang. Selain itu juga untuk
melakukan pengrekrutan tenaga kerja baru sesuai dengan sumber daya yang
dibutuhkan disekolah tersebut dan membantu program penarikan tenaga kerja, baik
pendidik maupun tenaga kependidikan.
Ada beberapa unsur yang diperhatikan dalam perencanaan
sumber daya manusia yaitu:
1. Tujuan
Bahwa setiap organisasi mempunyai tujuan dan sasaran
bagaimana mereka beroperasi. Di SMPN 4 Malang ini sasaran yang ingin dicapai
dalam proses perencanaan sumber daya manusia adalah untuk muwujudkan tujuan,
visi, dan misi sekolah.
2. Perencanaan
Organisasi
Perencanaan ditujukan untuk membantu mencapai tujuan
organisasi. Perencanaan harus mendukung
fungsi-fungsi yang lain, seperti: pengorganisasian, susunan kepegawaian,
kepemimpinanan, dan pengendalian. Beberapa jenis perencanaan yang ada di SMPN 4
Malang adalah menentukan misi, tujuan, kebijakan, prosedur, aturan, program,
dan anggaran.
3.
Audit sumber daya manusia
Dalam hal ini
pemeriksaan kualitas sumber daya manusia sangat ditekankan, karena kualitas
sumber daya manusia sangat berperan penting dalam memajukan suatu organisasi.
Di SMPN 4 Malang ini kualitas sumber daya manusianya sudah sesuai standar.
4.
Peramalan sumber daya manusia
Meramalkan
kebutuhan tenaga merupakan hal terpenting dan juga hal tersulit dilakukan.
Pertama mengidentifikasi berbagai kendala yang mempengaruhi permintaan, baik
faktor yang mempengaruhi lansung maupun faktor tidak langsung atau perubahan
lingkungan eksternal. Proses pengrekrutan sumber daya manusia di SMPN 4 Malang
dilakukan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan profesinya.
Langkah-langkah yang harus ditempuh dalam perencanaan
sumber daya manusia adalah dengan dilakukannya evaluasi dari kegiatan tahun
kemarin, kemudian direncanakan kedepannya seperti apa dan apa yang perlu diubah
dan dikembangkan. Selain itu terdapat prosedur atau proses dalam melakukan
perencanan sumber daya manusia yaitu dilihat berdasarkan evaluasi, monitoring,
hambatan, kelebihan dan kelemahan. Proses evaluasi disini dilakukan setahun
sekali sebelum tahun ajaran baru. Keuntungan dilakukannya evaluasi perencanaan
sumber daya manusia adalah sebagai pedoman dalam hal menetapkan program
ketenagakerjaan dan sebagai dasar acuan dalam menilai kinerja guru maupun
tenaga kependidikan.
Adapun strategi-strategi yang diperlukan dalam
penyusunan perencanaan sumber daya manusia adalah dengan cara diumumkan atau
dipublish siapa yang punya rancangan untuk menentukan sumber daya manusia
kedepannya. Namun dalam hal ini ada hambatan yang timbul dalam perencanaan
sumber daya manusia yaitu: (1) berhubungan dengan pembiayaan, dan pengembangan
sumber daya manusia; (2) tujuan yang tidak tepat; (3) sistem kompensasi yang
tidak tepat; (4) lingkungan eksternal yang kompleks dan dinamis; dan (4)
kondisi persaingan yang semakin tajam.
Salah satu cara mengatasi hambatan perencanaan sumber
daya manusia tersebut adalah memahami tujuan perencanan dan proses penetapan
tujuan. Hendaknya rencana dan tujuan yang dibuat oleh kepala sekolah
dikomunikasikan ke bawahannya dan melibatkan bahawannya dalam proses
pengambilan keputusan. Komunikasi dan
partisipasi dapat meningkatkan komitmen dalam pelaksanaan perencanaan.
Konsistensi antara tujuan yang lebih tinggi dan tujuan yang lebih rendah,
hendaknya dijaga. Karena merupakan proses yang dinamis, perbaikan dan revisi
perlu dilakukan melalui interval waktu yang pendek.
KESIMPULAN DAN
SARAN
Berdasarkan uraian dan pembahasan
pada bab-bab sebelumnya, maka peneliti menyimpulkan bahwa perencanaan sumber
daya manusia di SMPN 4 Malang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang
ada di SMPN 4 Malang. proses perencanaan Sumber Daya Manusia dilakukan
bersama-sama dengan warga sekolah baik pendidikan maupun tenaga kependidikan
pada awal tahun atau awal semester sebelum tahun ajaran baru. Sasaran
yang ingin dicapai dalam proses perencanaan Sumber Daya Manusia yaitu untuk
muwujudkan tujuan, visi, dan misi sekolah. Sedangkan faktor yang mendukung
adanya proses perencanaan Sumber Daya Manusia adalah keinginan bersama untuk
memajukan dan mencapai visi, misi sekolah. ada beberapa kelemahan dalam
merencanakan sumber daya manusia yaitu
ketidaksamaan syarat, pandangan, kemampuan, dan karakter. sedangkan
untuk keuntungannya adalah sebagai pedoman dalam hal menetapkan program
ketenagakerjaan dan sebagai dasar acuan dalam menilai kinerja guru maupun
tenaga kependidikan. Di SMPN 4 Malang ini kualitasnya
Sumber Daya Manusianya sudah sesuai dengan standar.
Dalam hal ini penulis
merekomendasikan sebaiknya SMPN 4 Malang melakukan kontrol terhadap kinerja
Sumber Daya Manusia dengan menggunakan pengamatan berjenjang. Karena tidak
menuntut kemungkinan faktor personal Sumber Daya Manusia mempengaruhi
pengambilan keputusan dalam pengamatan, khususnya untuk Sumber Daya Manusia
yang baru yang belum begitu memahami budaya dan komunikasi Sumber Daya Manusia
lainnya yang sudah lebih lama berada di SMPN 4 Malang, sehingga tidak ada lagi
kelemahan-kelemahan dalam hal perbedaan pendapat.
DAFTAR RUJUKAN
Sedarmayanti.
2017. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen
Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT
Refika Aditama.
Simamora, H.
1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Sopiah. 2002. Manajemen
Sumber Daya Manusia (Jilid 1). Malang: UM Press.
Sunarta. 2010. Perencanaan
Sumber Daya Manusia(Kunci Keberhasilan Organisasi). Jurnal
publikasi: FISE
Universitas Negeri Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar